Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Tunanetra pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Praktik Salat Siswa Kelas V SLB Negeri Semarang

Mabruroh, Khozinatul (2023) Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Tunanetra pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Praktik Salat Siswa Kelas V SLB Negeri Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Bagian Awal Khozin 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Mabruroh, Khozinatul. 2023. Strategi Guru dalam Membentuk Karater Mandiri Siswa Tunanetra pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Praktik Salat Siswa Kelas V SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al- Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M. Pd. Pentingnya anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Strategi dalam pembelajaran sangatlah penting guna mencapai tujuan yang ingin diperoleh. Ketepatan pemilihan strategi berdampak dalam penguasaan atau prestasi belajar siswa serta pembentukan karakter siswa. Pembelajaran PAI merupakan media untuk membentuk karakter siswa dalam halnya kemandirian dalam praktik salat. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengamati dan menganalisis secara langsung data yang diperoleh dari lapangan. Serta menggunakan teknik analisis data yang menggunakan model analisis Miles dan Huberman, diantaranya yaitu: Pengumpulan Data (Data Collective), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Verification). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) praktik Salat kelas V SLB Negeri Semarang menggunakan strategi Ekspository Learning yang hanya menekankan pada penyampaian materi kepada peserta didik dengan tujuan agar siswa menguasai materi yang diajarkan. Faktor penghambat adalah kurangnya SDM guru perempuan awas untuk membantu membenarkan gerakan salat pada anak tunanetra wanita serta kurangnya dukungan orang tua. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Mandiri, Pembelajaran PAI, Praktik Salat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Khozinatul Mabruroh
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:42
Last Modified: 22 Nov 2023 02:42
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item