Anila, Zuhairotun Nur (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN OM (ORIENTASI MOBILITAS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA TUNANETRA KELAS V SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Anila, Zuhairotun. Nur. 2023. Analisis Pembelajaran OM (Orientasi Mobilitas) terhadap Pembentukan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa Tunanetra Kelas V SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam. Pembimbing: Herman Khunaivi, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan asumsi masyarakat yang menganggap anak tunanetra tidak berguna dan tidak bisa apa-apa, terlebih anak tunanetra yang sering disebut dengan anak buta. Mereka dianggap tidak mampu melakukan sesuatu karena indera penglihatannya yang tidak jelas. Problematika tersebut tertuang dalam peraturan pemerintah tentang pembelajaran orientasi mobilitas di dalam dunia pendidikan siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan orientasi mobilitas dalam membentuk karakter mandiri siswa kelas V tunanetra di SLB Negeri Semarang, untuk menganalisis pelaksanaan orientasi mobilitas dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas V tunanetra di SLB Negeri Semarang. Penelitian lapangan ini menggunakan desain dan pendekatan kualitatif, deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V. Objek penelitian ini yaitu karakter mandiri dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran orientasi mobilitas. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, guru Bahasa Indonesia, dan guru orientasi mobilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran orientasi mobilitas di SLB Negeri Semarang dapat membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa tunanetra. Karakter mandiri terlihat pada saat pembelajaran materi Toilet Training, dari materi tersebut berdampak pada karakter tanggung jawab siswa. Kegiatan tersebut dilakukan di luar kelas atau ruang terbuka. Kegiatan OM melibatkan pendamping awas sebagai intruksi setiap tindakan siswa tunanetra. Kata kunci: Pembelajaran OM, Karakter Mandiri, Karakter Tanggung Jawab, Tunanetra, Siswa Kelas V.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Depositing User: | Zuhairotun Nur Anila |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 00:35 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 00:35 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/813 |
Actions (login required)
View Item |