Budaya Sekolah Berbasis Islami dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV di MI Hidayatun Najah Tuban

Ma'rufah, Siti (2023) Budaya Sekolah Berbasis Islami dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV di MI Hidayatun Najah Tuban. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ma’rufah, Siti. 2023. Budaya Sekolah Berbasis Islami Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV Di MI Hidayatun Najah Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al –Anwar Sarang Rembang Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M. Pd Budaya sekolah islami merupakan sesuatu yang sudah melekat dalam diri seseorang, yang sudah menjadi suatu tradisi dan kebiasaan yang mana tidak melibatkan hal tersebut sebagai peraturan atau kewajiban yang harus dijalankan. Penerapan budaya sekolah islami perlu dilakukan dalam menunjang karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Diharapkan supaya peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dengan enam ciri utama yakni: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan penerapan budaya sekolah yang berbasis islami dan hambatan dalam membentuk profil pelajar Pancasila siswa kelas IV di MI Hidayatun Najah Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ada 4 yakni kepala sekolah, WAKA Kurikulum, Guru kelas IV A dan IV D di MI Hidayatun Najah Tuban. Objek dalam penelitian ini adalah budaya sekolah berbasis islami di MI Hidayatun Najah Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan kaleng impian memiliki nilai yang terdapat elemen profil pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia meliputi akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. Begitu juga pada profil pelajar Pancasila yang bergotong royong peserta didik telah memiliki nilai-nilai yang terdapat di dalamnya yakni kolaborasi, kepedulian dan berbagi. Pelaksanaan budaya islami di MI Hidayatun Najah dalam membentuk profil pelajar Pancasila tidak ada sebab telah dilakukan pengembangan melalui pembiasaan dan keteladanan seorang guru pada peserta didik. Kata Kunci: Budaya Sekolah Islami, Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Serta Berakhlak Mulia dan Bergotong Royong.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Siti Ma'rufah
Date Deposited: 19 Nov 2023 07:58
Last Modified: 19 Nov 2023 07:58
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item