Setyani, Kharisma Deva (2023) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NU NAWA KARTIKA KUDUS. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (572kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Deva Setyani, Kharisma. 2023. Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SD NU Nawa Kartika Kudus. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M. Pd.I. Di SD NU Nawa Kartika Kudus khususnya di kelas IV diketahui bahwasannya peserta didik merasa kurang tertarik apabila ada pelajaran matematika, peserta didik merasa tidak bisa dan bosen ketika menghadapi pelajaran matematika, karena dianggapan mereka mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Kemudian guru matematika dalam hal pengelolaan kelas dalam segi mengembalikan perhatian peserta didik ke materi masih kurang maksimal. Permsalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SD NU Nawa Kartika Kudus. 2). Mendeskripsikan kendala dan solusi guru dalam pengelolaan kelas pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SD NU Nawa Kartika Kudus.. Jenis pelitian pada skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD NU Nawa Kartika Kudus sudah terampil, hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian yaitu : pertama menghentikan tingkah laku anak didik yang menghilangkan perhatian kelas, kedua memberikan pujian bagi ketepatan waktu penyelesaian tugas anak didik, ketiga mampu mengembangkan hubungan baik dengan anak didik, keempat mampu mengatur kegiatan kelompok dalam hal ini guru selalu mengatur kegiatan kelompok dengan baik dan kondusif, kelima terciptanya kondisi dan suasana belajar mengajar yang kondusif, tertib, lancar, dispilin, dan bergairah guru selalu berusaha untuk menciptakan dan menjaga kelas yang menyenangkan dan kondusif, dan keenam terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa dalam hal ini guru selalu ingin merasa dekat dengan peserta didik agar ketika pembelajaran akan lebih terasa dekat dan akrab. 2) Kendala dan solusi guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD NU Nawa Kartika Kudus, dalam hal ini terdapat kendala yang dialami oleh guru yaitu menghentikan tingkah laku anak didik yang menghilangkan perhatian kelas. Solusi yang digunakan guru yaitu memberikan ice breaking, instruksi berupa tepuk tangan dan pukulan pada meja. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan kelas, Mata Pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Kharisma Deva Setyani |
Date Deposited: | 18 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 03:04 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/765 |
Actions (login required)
View Item |