Qadriyah, Nur Lailatul (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDI SULTAN AGUNG I.3 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
Abstract
Nur Lailatul Qadriyah, 2023. Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SDI Sultan Agung 1.3 Semarang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Dr. Bisri Musthofa, M.Pd. I. Penggunaan media pembelajaran merupakan sarana atau alat bantu bagi guru untuk menyampaikan materi pada siswanya. Tanpa adanya media, proses belajar mengajar akan terkesan monoton dan menyebabkan siswa merasa bosan, untuk mengatasi siswa yang bosan di kelas perlu adanya media dalam pembelajaran. Melalui media siswa dapat mengetahui pengalaman yang baru, media juga akan mempermudah guru maupun siswa. Peneitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran di SDI Sultan Agung 1.3 Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian jenis kualitatif deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru kelas I dan IV SDI Sultan Agung 1.3 Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Sedangkan untuk analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan terdapat penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran meliputi tahap perencanaan media, tahap penggunaan media lalu tahap mengevaluasi media. Perencanaan melalui guru memilih media yang tepat dan berkaitan dengan materi. Pada proses penggunaan media guru bisa mengkolaborasikan media agar proses pembelajaran tidak membosankan. Evaluasi media pembelajaran dapat dilakukan dengan teknik evaluasi yang bervariasi. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nur Lailatul Qadriyah |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 05:06 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 05:06 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
View Item |