Luthfi, Luthfi (2023) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BERBAHASA JAWA SISWA (STUDI KASUS DI MI ISLAMIYAH BANIN SENORI DAN MI TERPADU AL ANWAR SARANG). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari fenomena yang berbeda antara perilaku berbahasa Jawa Siswa di MI Islamiyah Banin Senori dan MI Terpadu Al Anwar Sarang. Akar dari pembentukan perilaku berbahasa Jawa adalah bagaimana pola asuh yang diterapkan pada masing-masing daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pola asuh orang tua, perilaku berbahasa Jawa dan hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku berbahasa Jawa siswa di MI Islamiyah Banin Senori dan MI Terpadu Al Anwar Sarang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan penentuan sumber data adalah purposive sampling dengan pertimbangan pekerjaan orang tua berdasarkan letak geografis. Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan beberapa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, yaitu; gaya otoriter, gaya demokratis, leissez-faire, pelopor, melebur diri, biar lambat asal selamat, tanpa pamrih dan konsultan. Sedangkan pada bentuk perilaku berbahasa Jawa terlihat bahwa semua indikator perilaku berbahasa Jawa siswa terpenuhi di MI Islamiyah Banin Senori dan MI Terpadu Al Anwar Sarang di antaranya; siswa telah berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko, madya, atau krama yang sesuai dengan tingkatannya, serta menggunakan intonasi ragam ngoko, madya, atau krama sesuai dengan tingkat penggunaannya dan siswa memilih kosa kata ngoko, madya, atau krama dengan tepat sesuai dengan penggunaan fungsi kata. Selain itu, hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku berbahasa Jawa siswa di MI Islamiyah Banin Senori dan MI terpadu Al Anwar Sarang terdapat perbedaan, yaitu terdapat hubungan asimetris dan kausalitas pada pola asuh terhadap perilaku berbahasa Jawa siswa di MI Islamiyah Banin Senori, sedangkan hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku berbahasa Jawa siswa di MI Terpadu Al Anwar hanya hubungan asimetris dan pola asuh gaya melebur diri yang dominan diterapkan oleh orang tua di MI Islamiyah Banin Senori dan MI Terpadu Al Anwar Sarang, yang berdampak pada perilaku berbahasa Jawa tingkat ngoko siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Multikultural Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Luthfi Luthfi |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 03:57 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 03:57 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/667 |
Actions (login required)
View Item |