Afwah, Afwah (2023) PERSEPSI GURU TERHADAP METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA “SLOW LEARNERS” DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS V SLBN SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Afwah. 2023. Persepsi Guru Terhadap Metode Demonstrasi Bagi Siswa Slow Learners Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelas V SLBN Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd. I Metode demonstrasi sebagai metode bervariasi yang guru gunakan untuk membantu kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa. Melalui praktik metode demonstrrasi guru mampu membentuk kemandirian siswa secara keseluruhan, namun terdapat hambatan guru dalam membentuk kemandirian siswa slow learners. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap metode demonstrasi bagi siswa slow learners dalam pembentukan karakter mandiri siswa kelas V SLBN Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru PAI dan guru kelas V SDLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil peneitian ini, menunjukkan bahwa persepsi guru dilihat dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) persepsi guru pada tahap persiapan guru tidak pernah merasa kesulitan pada penyusunan tahap persiapan, sehingga guru mampu menyesuikan kebutuhan siswa slow learners dengan metode demonstrasi. (2) persepsi guru pada tahap pelaksanaan, bahwa guru merasa senang dan tidak merasa kesulitan karena mampu menarik perhatian siswa slow learners dengan media pembelajaran yang dirancang. (3) persepsi guru pada tahap evaluasi guru tidak merasa kesulitan dalam memberikan penilaian pada perkembangan siswa slow learners. Tiga tahapan pelaksanaan metode demonstrasi tersebut, guru PAI dan guru kelas V dapat membentuk kemandirian siswa meskipun belum tercapai secara maksimal. Kata kunci : Persepsi Guru, Metode Demonstrasi, Siswa Slow Learners, Karakter Mandiri, Siswa Kelas V.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Afwah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 05:57 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:00 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/663 |
Actions (login required)
View Item |