MANAJEMEN METODE YANBU'A DAN METODE QIRO'ATI [STUDI KOMPARASI DI MI NU ATTARBIYATUL ISLAMIYAH DAN MI NU AL KHURRIYAH 02]

Mufidatul, Azizah (2023) MANAJEMEN METODE YANBU'A DAN METODE QIRO'ATI [STUDI KOMPARASI DI MI NU ATTARBIYATUL ISLAMIYAH DAN MI NU AL KHURRIYAH 02]. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Mufidatul. 2023. Manajemen Metode Yanbu‟a dan Metode Qiro‟ati [Studi Komparasi di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan MI NU Al Khurriyah 02]. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang, Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M. Pd.I Manajemen dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Manajemen dalam pembelajaran berlaku untuk semua mata pelajaran, tidak terkecuali mata pelajaran pembelajaran al�Qur`an, yang memuat perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam pembelajaran. Manajemen sangat berpengaruh pada hasil bacaan peserta didik seperti dalam pengucapan makhārij al-ḥuruf dan tajwidnya, peserta didik bisa memenuhi target dalam belajar atau tidak, dari situlah manajemen dalam pembelajaran al-Qur`an di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan MI NU Al Khurriyah 02 perlu dideskripsikan, sehingga terkumpul data mengenai proses pembelajaran al-Qur`an di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan MI NU Al Khurriyah 02. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran al-Qur`an pada metode yanbu‟a di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan metode qiro‟ati di MI NU Al Khurriyah 02; 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada metode yanbu‟a di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan metode qiro‟ati di MI NU Al Khurriyah 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pembelajaran al�Qur`an di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan MI NU Al Khurriyah 02, dengan wujud data penelitian adalah kegiatan manajemen pembelajaran al-Qur`an. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Hurberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran al-Qur`an metode yanbu‟a di MI NU Attarbiyatul Islamiyah dan metode qiro‟ati di MI NU Al Khurriyah 02, yaitu: 1) Pada dasarnya kedua metode tersebut memiliki tujuan yang sama akan tetapi terdapat perbedaan dalam kegiatan manajemen pembelajaran metode yanbu‟a dan metode qiro‟ati, hal tersebut diantaranya: target yang diterapkan, proses pelaksanaan pembelajaran antara metode yanbu‟a dan metode qiro‟ati dan evaluasi yang dilakukan oleh kedua sekolah tersebut. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran al-Qur`an dapat vi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, namun yang paling dominan dipengaruhi oleh diri peserta didik, lingkungan dan orang terdekatnya, khususnya orang tua ketika di rumah dan guru ketika di sekolah. Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, Metode Yanbu‟a, Metode Qiro‟ati.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Depositing User: Mufidatul Azizah
Date Deposited: 08 Nov 2023 05:54
Last Modified: 08 Nov 2023 05:54
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item