KESIAPAN GURU KELAS DALAM MEMPERSIAPKAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT AVICENNA

Muharomah, Ikrimatul (2023) KESIAPAN GURU KELAS DALAM MEMPERSIAPKAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT AVICENNA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
Bagian awal ikrima.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V DAN DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muharomah, Ikrimatul. 2023. Kesiapan Guru Kelas Dalam Mempersiapkan Administrasi Pembelajaran Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Avicenna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Pada pelaksanaan proses pembelajaran sangat perlu kesiapan, terutama pada penerapan kurikulum merdeka. Setiap guru sebelum melakukan pembelajaran harus membuat administrasi pembelajaran sebagai acuan pada pelaksanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka guru harus menyiapkan atau memiliki kesiapan pada administrasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru kelas pada administrasi pembelajaran di SDIT Avicenna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunaan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru pada pembuatan administrasi pembelajaran kurikulum merdeka masih kurang. Hal ini dilihat dari pelaksanaan kurikulum merdeka guru kelas I dan IV pembuatan administrasi masih mengambil secara penuh dari hasil kerja KKG. Pada pembelajaran P5 guru masih merasa bingung untuk menyesuaikan tema yang ada di sekolah. Hambatan yang dialami guru kelas I dan IV pada pelaksanaan kurikulum merdeka yaitu guru belum memiliki strategi tersendiri untuk membuat pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan siswa. pada pembuatan administrasi pembelajaran hamabatan yang dialami guru kelas I dan IV yaitu guru masih kesulitan untuk menganalisis nilai siswa dan guru masih kesulitan untuk membuat modul ajar karena sumber dan bahannya masih sedikit. Kata kunci: Kesiapan guru, Administrasi pembelajaran, dan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ikrimatul Muharomah
Date Deposited: 20 Nov 2023 00:29
Last Modified: 20 Nov 2023 00:29
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item