Rahmawati, Siti (2023) PEER TEACHING METHOD DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SDI SULA 1.3 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada dunia pendidikan yaitu kurikulum merdeka yang baru dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan. Penelitian ini menganalisi bagaimana pelaksanaan peer teaching method dalam Kurikulum Merdeka pada Mapel IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Peer Teaching Method dalam Kurikulum Merdeka pada mapel ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) di kelas IV dan mengetahui apa saja hambatan yang terjadi dalam pelaksanaanya di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari wali kelas IVB dan IVC SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peer teaching method dalam kurikulum merdeka pada mapel IPAS sudah baik dan sesuai dengan sintaksnya maupun konsep kurikulum merdeka, yaitu melakukan 3 tahapan: tahap pembuka, inti dan penutup. Hambatan dalam pelaksanaanya yaitu anak-anak yang cenderung pemalu akan diam saja, karena mereka sudah mengandalkan temannya yang menjadi tutor, waktu yang tidak sedikit, artinya dalam proses pelaksanaan metode tutor sebaya ini membutuhkan waktu yang cukup banyak dan sarana dan prasarana yang tidak memadai. Adapun solusinya yaitu memberikan semangat kepada peserta didik, mengubah mindset bahwa belajar itu berproses dan memberikan batasan-batasan waktu pada awal pembelajaran. Kata Kunci: Peer Teaching Method, Kurikulum Merdeka, Mapel IPAS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Siti Rahmawati |
Date Deposited: | 01 Jan 2024 04:06 |
Last Modified: | 01 Jan 2024 04:06 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |