PEMBELAJARAN BERBASIS GENDER EQUALITY AND SOCIAL INCLUSION (GESI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH INKLUSI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO

Khoirunissa, Dea Fadilla (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS GENDER EQUALITY AND SOCIAL INCLUSION (GESI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH INKLUSI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Khoirunissa, Dea Fadilla. 2023. Pembelajaran Berbasis Gender Equality and Social Inclusion (GESI) dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Siswa di Sekolah Inklusi SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Sistem pendidikan Indonesia belum sepenuhnya mengakomodasi keberagaman, sehingga menyebabkan munculnya segmentasi lembaga pendidikan. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menangani masalah tersebut melalui SLB, akan tetapi keberadaan SLB dirasa dapat memisahkan dan mengeksklusifkan ABK dengan anak normal seusianya. Dari masalah tersebut, pendidikan inklusi merupakan solusi yang dianggap ideal dalam sistem pendidikan. Dalam penerapan pendidikan inklusi, salah satu paradigma yang harus dimasukkan dalam pembelajaran yang mengedepankan keadilan dan kesetaraan adalah GESI. Budaya inklusi yang telah diimplementasikan akan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis GESI, hambatan atau tantangan, serta upaya solutif dalam membentuk karakter percaya diri siswa SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari kepala sekolah, guru kelas II Ali, dan II Utsman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis GESI diterapkan melalui serangkaian proses pembelajaran di antaranya; 1) Memberikan akses yang setara, sehingga siswa akan merasa dihargai dan diakui. 2) Meningkatkan partisipasi siswa, sehingga tercipta rasa saling menghormati dan menghargai. 3) Memberikan kontrol kepada siswa dalam pembelajaran, di mana siswa selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan. 4) Menghasilkan manfaat yang seimbang, sehingga pembelajaran GESI memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan karakter percaya diri siswa. Hambatan serta solusi yang ditemukan antara lain; keterbatasan sumber daya baik berupa fasilitas maupun guru pembimbing khusus. Solusi yang dapat dilakukan yakni kepala sekolah perlu meningkatkan kualitas guru kelas yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dalam memahami dan menerapkan pembelajaran berbasis GESI. Kemudian kurikulum yang belum inklusif. Upaya solutif yang dapat dilakukan yakni mengintegrasikan perspektif GESI ke dalam kurikulum secara menyeluruh. Selain itu, banyak ditemukan perbedaan persepsi antara guru dengan pihak keluarga serta kurangnya kesadaran terkait pentingnya penerapan pembelajaran berbasis GESI. Upaya solutif yang dapat dilakukan yakni dengan melibatkan orang tua dalam kolaborasi membangun pemahaman dan kesadaran akan pentingnya pembelajaran berbasis GESI. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis GESI, Karakter Percaya Diri Siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Multikultural
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Transformatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Dea Fadilla Khoirunissa
Date Deposited: 12 Nov 2023 03:25
Last Modified: 12 Nov 2023 03:25
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item