MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MI MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI)

Nisa’, Indriani Khoirun (2022) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MI MATHALI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.

[img] Text
sampul dll.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (818kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi menajemen kurkulum berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiah Mathali‟ul Falah kajen Margoysoso Pati. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah implementasi manajemen kurikulum berbasis pesantren di Madrasah Ibtidaiah Mathali‟ul Falah Kajen. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala MI Mathali‟ul Falah. waka kurikulum, dan guru. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil yang didapat dari pembahasan ini bahwa implementasi kurikulum berbasis pesantren yang khas sejalan dengan tujuan dan sasaran Madrasah Ibtidaiah Mathali'ul Falah. Secara khusus, mempersiapkan generasi insan shalih dan akrom. Karena adanya prinsip-prinsip yang kuat dalam mempertahankan ciri khas pesantren yang sejak dulu diterapkan oleh para muatsis (pendiri). Implementasi kurikulum berbasis pesantren di MI Mathali‟ul Falah ini terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yang dominan adalah adanya dukungan dari para guru-guru yang luar biasa khidmahnya, serta masyayikh, dan kiyai kita. Sedangkan faktor penghambatnya lebih kepada kondisi siswa yang masih minim pengalaman dengan model kurikulum pesantren, dalam artian kondisi siswa yang masuk di MI Mathali‟ul Falah masih minim pengalaman Baca Tulis Arab (BTA).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Berbasis Pesantren
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:38
Last Modified: 01 Oct 2023 06:38
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item