STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA (MENTAL RETARDATION) DI SLB-AC JATI WIYATA DHARMA PERBON TUBAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Futuchiyah, Laili (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA (MENTAL RETARDATION) DI SLB-AC JATI WIYATA DHARMA PERBON TUBAN TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

Proses pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus pasti banyak kendala yang dihadapi oleh guru. Sehingga diperlukan sebuah strategi dan juga metode yang tepat agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan bisa mencapai tujuan pembelajaran agar sesuai dengan pendidikan dan kurikulum yang diberikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Untuk itu, diperlukan strategi guru dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan guru dalam menangani ABK tunagrahita selama pembelajaran dan kendala apa yang dihadapi guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran di SLB-AC Jati Wiyata Dharma. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi diuji keabsahannya dengan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menangani anak berkebuthan khusus tunagrahita selama proses pembelajaran yaitu menggunakan strategi pendekatan individual secara face to face, strategi kooperatif, memberikan kesempatan anak untuk berfikir, mengurangi tingkat kesulitan soal dan tugas, dan ada guru yang menggunakan teguran untuk memusatkan konsentrasi anak, akan tetapi strategi yang sering digunakan guru untuk ABK tunagrahita yaitu strategi pendekatan individuak (face to face). Hal tersebut dibuktikan dengan siswa lebih mengerti dan faham jika menggunakan strategi tersebut. Adapaun kendala yang dihadapi yaitu terletak pada kemampuan akademik siswa, yang mana keterbatasan kecerdasan anak yang menyebabkan fungsi ingatan yang lemah dan emosional anak yang berubah-ubah, dan kurangnya kesadaran dari orang tua.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, Tunagrahita.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item