Maula, Lana Ni‟matul (2022) PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT DAN KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (714kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter bersahabat dan kerja sama siswa pada pembelajaran tematik kelas V di MI An-Nashriyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI An-Nashriyah Lasem. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V. Objek penelitian ini adalah peran guru dalam membentuk karakter bersabahabat dan kerja sama siswa pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran guru dalam membentuk karakter bersahabat dan kerja sama siswa kelas V meliputi sebagai perancang, pengarah, pengelola, evaluator, dan konselor bagi siswa dalam pembelajaran. Upaya guru dalam menanamkan karakter tersebut dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan, diskusi, kerja kelompok, atau tugas bersama. Faktor penghambat pembentukan karakter siswa kelas V berasal dari lingkungan. Latar belakang siswa yang berbeda, baik dari sosial, budaya, agama, letak geografis, ataupun karakter masing-masing siswa itu sendiri. Faktor pendukung pembentukan karakter pada siswa kelas V di MI An-Nashriyah adalah adanya kesadaran orangtua yang menginginkan anaknya menjadi baik, kerja sama antara guru, pembiasaan�pembiasaan baik yang dimiliki oleh anak, dan guru yang sering mengingatkan serta mengarahkan siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Bersahabat, Karakter Kerja Sama, Pembelajaran Tematik, Peran Guru |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |