ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH MANDIREJO TUBAN

Muna, Mardiyatul (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH MANDIREJO TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi numerasi dibuktikan dengan hasil PISA tahun 2015 dan 2018, serta hasil wawancara peneliti dengan guru matematika kelas IV MI Salafiyah Mandirejo bahwa hasil PAS ganjil masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan kegiatan literasi numerasi guna meningkatkan kemampuan peserta didik dalam keterampilan numerasi di dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Salafiyah Mandirejo. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV MI Salafiyah Mandirejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV MI Salafiyah Mandirejo secara klasikal tergolong ke dalam kategori sedang. Hal ini terlihat dari presentase rata-rata kemampuan literasi numerasi sebesar 76,67 (66%) dan persentase kemampuan literasi numerasi pada tiap indikator adalah kategori sedang. Indikator 1, menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dengan rata-rata 38,34 (78%). Indikator 2, menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (tabel, diagram, dan lain sebagainya) dengan rata-rata 3,70 (75%). Indikator 3, menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan dengan rata-rata 6,58 (73%).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika, Soal Cerita
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item