ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS METODE RISET DALAM MEMBENTUK KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA KELAS V SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG

Patimah, Siti (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS METODE RISET DALAM MEMBENTUK KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA KELAS V SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPAS melalui metode riset terhadap pengaruh karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa kelas V SD Islam Umar Harun. Metode riset merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Guru sangat perlu mempertimbangkan dan menentukan metode yang akan diterapkan pada proses pembelajaran, sehingga siswa memahami pembelajaran dengan lebih mudah, menyenangkan, serta menjadikan pengalaman yang berdampak bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Umar Harun dan guru-guru, kepala sekolah serta kurikulum dan wakil yayasan sebagai pendukung penetapan metode riset di SD Islam Umar Harun. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran IPAS dengan metode riset dalam membentuk karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,dengan menggunakan metode riset 1). Siswa dengan berani menyampaikan pendapatnya pada setiap sesi diskusi 2). Siswa lebih mandiri memilih cara belajarnya sesuai keinginannya, dengan mampu mempertimbangkan 3). Siswa lebih mandiri mencari ide solusi dari permasalahannya 4). Siswa merasa lebih memiliki pada setiap proses pembelajarannya sehingga muncul semangat untuk mempelajarinya. 5). Siswa terlihat mampu merancang proses belajar yang akan dilakukan melalui tahap menemukan dengan siswa menentukan riset dengan mempertimbangkan latar belakang. 6). Pola berpikir siswa lebih terstruktur melalui alur riset yang digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Riset pada karakter rasa ingin tahu dan mandiri
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item