ANALISIS IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS ATAS PADA KURIKULUM 2013 DI MI ISLAMIYAH BANIN TUBAN

Utami, Febriani Rizki Putri (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SISWA KELAS ATAS PADA KURIKULUM 2013 DI MI ISLAMIYAH BANIN TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Utami, Febriani Rizki Putri. 2022. Analisis Implementasi Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Siswa Kelas Atas pada Kurikulum 2013 di MI Islamiyah Banin Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin,S.S., M.Pd. Guru merupakan salah satu dari komponen pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran menuju pendidikan yang berkualitas. Tugas utama guru sebagai pendidik adalah merancang, mengelola, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran. Oleh karena itu kemampuan dan kecakapan harus dimiliki oleh seorang guru agar tercapai tujuan pendidikan yang telah diharapkan. Guru harus memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mendidik dan mengajar siswa. Oleh karena itu penting bagi guru untuk memiliki kompetensi pedagogik dan profesional untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki oleh guru kelas IV dan V di MI Islamiyah Banin Tuban yang diImplementasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di MI Islamiyah Banin Jatisari, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan V serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima indikator kompetensi pedagogik guru, yaitu optimalisasi pemahaman terhadap siswa, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, serta pengembangan potensi siswa dalam mengImplementasikan potensi yang dimiliki sudah terpenuhi secara ideal oleh guru dan berjalan dengan baik. Sedangkan pada kompetensi profesional yang ditunjukkan dengan empat inkator mampu dilakukan dengan baik oleh guru. Adapun bukti indikator kompetensi profesional mampu berjalan dengan baik antara lain yaitu guru sudah mampu mengoptimalkan penguasaan terhadap materi pembelajaran, guru juga sudah mampu mengoptimalkan penguasaan kompetensi dasar pada mata pelajaran, dan guru juga telah mampu mengembangkan materi pelajaran secara lebih kreatif sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, serta guru juga dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang ada. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Pembelajaran pada Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Pembelajaran pada Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:52
Last Modified: 26 Sep 2023 05:52
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item