Rohmah, Faizatur (2022) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI SISWA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI ROUDHOTUS SHIBYAN BAJINGJOWO SARANG DI MASA PANDEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (799kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (329kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penulis melakukan penelitian berdasarkan adanya pandemi yang mengakibatkan belajarnya anak-anak menjadi tidak kondusif. Banyak anak�anak atau siswa yang menggunakan waktu belajar daring malah disalah gunakan dengan bermain game online di Handphone. Banyak orang tua juga kurang mengerti dalam mendampingi anak belajar tematik. Pembelajaran tematik banyak membuat orang tua siswa menjadi lebih bingung karena banyaknya materi yang dicampur disesuaikan dengan tema. Hal yang tidak kalah membingungkan yaitu adanya pembelajaran dengan menggunakan dua cara yaitu dengan cara belajar di kelas dan belajar jarak jauh. Pembelajaran seperti ini sangat membingungkan untuk siswa, guru, dan orang tua sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif terutama dalam pembelajaran tematik kelas V. Akibat dari kebijakan tersebut menjadikan siswa malas dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mengembalikan semangat siswa perlu peran dari orang tua dan guru dalam mendampingi siswa belajar pada pembelajaran tematik di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam mendampingi siswa belajar pada pembelajaran tematik kelas V. Dari kasus tersebut maka peran orang tua dan guru menjadi penting dalam mendampingi siswa belajar. Apabila orang tua dan guru berkolaborasi dalam mendampingi siswa belajar maka siswa akan mendapatkan hasil yang baik dalam belajar pelajaran tematik meskipun di rumah. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu orang tua, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua yaitu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh anak, memberikan motivasi kepada anak, mampu mengarahkan anak sesuai bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Sedangkan peran guru lebih kompleks yaitu sebagai ahli intruksional,guru sebagai motivator, guru sebagai manajer, guru sebagai konselor, guru sebagai evaluator. Pengawasan siswa yang kurang sehingga guru kurang mengawasi siswa secara langsung. Pengurusan administrasi siswa yang kurang berjalan lancar
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran, orang tua, guru, pandemi covid-19 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/502 |
Actions (login required)
View Item |