Mutoharoh, Roihatul (2022) EVALUASI PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL DI MI SALAFIYAH MARGOMULYO KEREK TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (603kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (593kB) |
Abstract
Pelaksanaan Ujian Nasional dinilai gagal selama 10 tahun. Sebab Ujian Nasional hanya terfokus pada kognitif siswa. Sedangkan pada kurikulum 2013 menekankan pada karakter siswa, untuk itulah pemerintah mengambil keputusan dengan menyelenggarakan Asesmen Nasional dengan penilaiannya meliputi AKM (literasi membaca dan literasi numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional pada tahun pelajaran 2020/2021 di MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, guru literasi numerasi kelas V, siswa kelas V dan dokumen pelaksanaan Asesmen Nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan tiga tahap yaitu pengelompokan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi persiapan dan pelaksanaan Asemen Nasional di MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban dengan model CIPP dilaksanakan secara semi-online dan telah sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan Asesmen Nasioanl Berbasis Komputer tahun 2021 yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Berdasarkan indikator persiapan Asesmen Nasional meliputi petugas, menyiapkan sarana dan prasarana, sosialisasi dan pelatihan penggunaan komputer pada peserta, simulasi dan gladi bersih serta penanaman 6 karakter yang dinilai dalam survei karakter. Sedangkan indikator pelaksanaan meliputi kemampuan lembaga sekolah dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, menjaga sarana dan prasarana yang digunakan ada dua sesi dalam pelaksanaan, serta pada tahap akhir proktor mengunggah data jawaban peserta lalu menyimpannya pada duplikat komputer dengan aman.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pendidikan, Asesmen Nasional, Model CIPP |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |