RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KITAB FAN TARBIYAT AL AWLĀD FĪ AL ISLĀM JILID I KARYA MUHAMMAD SA’ĪD MURSĪ TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013

Falihah, Thoi’atul (2022) RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KITAB FAN TARBIYAT AL AWLĀD FĪ AL ISLĀM JILID I KARYA MUHAMMAD SA’ĪD MURSĪ TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal yang harus dicanangkan pada setiap masa dan jenjang pendidikan. Ulama-ulama sejak dulu juga sudah menerapkannya dalam pendidikan di masanya. Pendidikan karakter menjadi fokus dalam dunia pendidikan dan dianggap sebuah keharusan untuk ditanamkan. Muhammad Sa‟īd Mursī adalah salah satu ulama yang menaruh perhatian pada pendidikan karakter, beliau menuangkan di dalam salah satu kitabnya yaitu Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I karya Muhammad Sa‟īd Mursī, mengetahui konsep pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013, dan mengetahui relevansi pendidikan karakter dalam kitab Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I karya Muhammad Sa‟īd Mursī terhadap pendidikan karakter di dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I karya Muhammad Sa‟īd Mursī dan buku Pendidikan Karakter (Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah) karya Imas Kurniasih dan Berlin Sani. Sumber data sekundernya adalah buku Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter karya Suyadi, buku Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 karya H.E. Mulyasa, buku “Quo Vadis” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat karya Ni Putu Suwardani dan literatur-literatur lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji credibility, dan teknik analisis data menggunakan model Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I karya Muhammad Sa‟īd Mursī memuat beberapa nilai karakter yaitu religius, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Ketujuh nilai karakter dalam kitab Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I tersebut relevan terhadap nilai karakter dalam Kurikulum 2013. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 sendiri memuat delapan belas nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Fan Tarbiyat Al Awlād fī Al Islām Jilid I, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:49
Last Modified: 20 Sep 2023 00:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item