Jazilah, Ummi (2022) Analisis Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MI Negeri 1 Rembang. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (588kB) |
Abstract
Guru mengampu pembelajaran di kelas IV merupakan guru yang memiliki sertifikasi guru dan pengalaman mengajar yang cukup. Kelas IV IMC merupakan salah satu pembagian kelas yang unik karena siswa kelas IMC terdapat mata pelajaran yang mengajarkan percakapan Bahasa Arab dan Inggris. Penelitian ini bertujuan: 1)menganalisis kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 1 Rembang; 2)mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 1 Rembang. Penelitian didesain pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV IMC. Objek penelitian adalah kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Sumber data primer penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV IMC. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dengan mereduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 1 Rembang sudah baik dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru kelas IV IMC memiliki keempat kompetensi dengan baik yang didukung oleh prestasi-prestasi tingkat provinsi maupun Nasional. Faktor pendukung pembelajaran tematik berupa komponen pembelajaran, RPP, kesiapan guru, sarana dan prasarana serta dukungan orang tua. Faktor penghambat pembelajaran tematik berupa pembelajaran dan penilaian membutuhkan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, MIN 1 Rembang, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/477 |
Actions (login required)
View Item |