Wahyuni, Wahyuni (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI MI AL-MANAR MENORO SEDAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (683kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi Programe For International Student Assessment (PISA) diketahui bahwa kemampuan sains peserta didik Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi sains dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik secara internal maupun eksternal. Literasi sains merupakan kemampuan untuk memahami pengetahuan sains, mengkomunikasikan sains, serta menerapkan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah, serta memiliki sikap sains. Penelitian berfokus pada proses sains, konten sains, dan konteks aplikasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains pada pembelajaran IPA kelas V dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sains di MI Al�Manar Menoro sedan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan terkait literasi sains yang ada di MI Al-Manar Menoro Sedan dari 4 yaitu : 1) Aspek proses pembelajaran sains, indikator yang dapat dilakukan mencari informasi dan mengidentifikasi kata kunci serta mengenal fitur penyelidikan ilmiah, mengenal kesimpulan berdasarkan bukti yang ada, mengaplikasikan pengetahuan sains pada situasi tertentu, dan menyatakan bukti dengan kata-kata, diagram atau lainnya. 2) Aspek sikap sains, indikator yang mampu dilakukan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, menunjukkan minat dalam belajar sains dan menyampaikan data sesuai dengan fakta yang ada. 3) Aspek pengetahuan dan aplikasi sains, penilaian menggunakan soal pilihan ganda. Selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sains antara lain sarana prasarana, rendahnya minat belajar sains, lingkungan sehari-hari, kualitas pendidik, serta kurangnya perhatian dari beberapa pihak terkait literasi sains.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Sains, Pembelajaran IPA, Siswa Kelas V MI AL-Manar Menoro Sedan |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/476 |
Actions (login required)
View Item |