PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS RENDAH DI MI AL-MANAR MENORO SEDAN

Na’imah, Zumrotun (2023) PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS RENDAH DI MI AL-MANAR MENORO SEDAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (868kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di MI Al-Manar Menoro Sedan yaitu, guru berbeda dalam menyinkronkan mata pelajaran untuk ditematikkan sehingga terdapat pelajaran yang berdiri sendiri, pembelajaran tematik sesuai dengan tema dibuku, namun salah satu mata pelajaran tidak diajarkan dan diganti sesuai jadwal yang ada di sekolah. Guru kurang maksimal dalam membahas pembelajaran tematik sehingga memerlukan beberapa referensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pembelajaran tematik pada kelas rendah di MI Al-Manar Menoro Sedan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berkaitan dengan pemberian makna terhadap pengalaman dalam kehidupan dan subjek utama penelitian ini yaitu guru kelas I, II, dan III. Observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pada tahap perencanaan yaitu guru merasa kesulitan dengan pembuatan RPP sebelum pembelajaran berlangsung sehingga membutuhkan waktu lama dalam mempersiapkan pembelajaran. Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran yaitu guru merasa senang dalam proses pembelajaran karena siswa sangat aktif sehingga guru mengajaknya belajar sambil menyanyi ketika pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai tema namun mapel matematika berdiri sendiri karena matematika membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran yaitu guru merasa belum paham terhadap penilaian pembelajaran tematik karena penilaian memuat banyak aspek dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Pembelajaran Tematik, Siswa Kelas Rendah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:48
Last Modified: 20 Sep 2023 00:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item