Sariyatun, Sariyatun (2023) PROFESIONALITAS GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MI SALAFIYAH MARGOMULYO KEREK TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
Abstract
Profesionalitas guru adalah kemampuan yang bermacam-macam atau kemampuan yang menuntut adanya keterampilan berdasarkan konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendalam dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana profesionalitas guru pada pembelajaran tematik siswa kelas V di MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profesionalitas guru pada pembelajaran tematik siswa kelas V di MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru tematik dan siswa kelas V MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan cara triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mencatat data, penyajian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru dalam pembelajaran tematik di kelas V terlaksana dengan terbentuknya indikator profesionalitas guru yaitu menguasai bahan ajar dan konsep pembelajaran, pengelolaan program belajar mengajar, pengelolaan kelas, pengelolaan media dan sumber belajar, penguasaan landasan pendidikan, kemampuan menilai prestasi belajar mengajar, memahami prinsip pengelolaan lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode, meningkatkan kemampuan dan menjalankan misi profesional, memberikan bantuan dan membimbing peserta didik, memiliki wawasan tentang pendidikan, mampu menyelenggarakan penelitian sederhana, memahami peserta didik, mampu menyelenggarakan administrasi sekolah, memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan, berani mengambil keputusan, mampu menggunakan waktu dengan tepat. Profesionalitas guru dapat terlaksana dengan kemampuan yang dimiliki guru untuk menerapkan indikator profesionalitas guru yang ada.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas Guru, Pembelajaran Tematik, Siswa Kelas V |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
View Item |