Al „Aqib, Muhammad Luthfil Hakim (2023) NILAI-NILAI KARAKTER PENDIDIK MENURUT DR. ‘ABDULLAH NᾹṢIḤ ‘ULWᾹN DALAM KITAB TARBIYAT AL AWLĀD FĪ AL ISLĀM SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (698kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (685kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kemorosatan nilai karakter pendidik yang terjadi belakangan ini, sekaligus untuk mengapresiasi nilai karakter pendidik yang pernah dirumuskan Dr. „Abdullah Nāṣiḥ „Ulwān dalam kitabnya yang berjudul “Tarbiyat al Awlād fī al Islām” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter pendidik dalam proses mengajar yang terdapat dalam kitab “Tarbiyat al Awlād fī al Islām” dan untuk mengetahui relevansinya terhadap pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Tarbiyat al Awlād fī al Islām karya „Abdullah Nāṣiḥ „Ulwān dan buku Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru) karya Agus Wibowo dan Hamrin. Sumber data sekunder menggunakan data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber utama. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis teks, dokumentasi, uji keabsahan data, wawancara, menggunakan diskusi dengan ahli, perpanjangan telaah, menggunakan bahan reverensi, analisis data menggunakan Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Tarbiyat al Awlād fī al Islām karya „Abdullah Nāṣiḥ „Ulwān memuat beberapa nilai karakter pendidik yaitu takwa atau religius, berilmu atau rasa ingin tahu, santun atau cinta damai, dan tanggung jawab. Keempat nilai karakter pendidik dalam kitab Tarbiyat al Awlād fī al Islām tersebut relevan terhadap nilai karakter pendidik dalam kurikulum 2013. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 sendiri memuat delapan belas nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Pendidik, Tarbiyat al Awlād fī al Islām, Kurikulum 2013. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:47 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/447 |
Actions (login required)
View Item |