Rizki, Ina’u Rohmatir (2022) ANALISIS KECUKUPAN PENILAIAN DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI MI NEGERI 1 REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (444kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
MI Negeri 1 Rembang merupakan MI yang sudah menerapkan kurikulum 2013, yang mana kurikulum 2013 dilakukan untuk menilai kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Kurikulum 2013 memiliki beberapa karakter di antaranya penilaian autentik yang mana mencangkup penilaian afektif, kognitif, dan psikomotor siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kecukupan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di MI Negeri 1 Rembang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penilaian autentik pada kurikulum 2013 di MI Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini yaitu kulitatif deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas 4, dan siswa kelas 4. Objek dari penelitian ini yaitu buku pedoman guru terkait penilaian autentik kurikulum 2013, arsip penilaian siswa kelas 4, buku tugas siswa, dan hasil dokumentasi observasi sekaligus dokumentasi hasil wawancara. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengujian data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data, serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, pertama, guru di MI Negeri 1 Rembang sudah mengetahui pelaksanaan kecukupan penilaian autentik kurikulum 2013, kedua. guru telah melaksanakan penilaian yang meliputi 3 aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Teknik yang digunakan dalam penilaian sikap yaitu observasi, penilaian antar teman, dan penilaian jurnal dalam kategori cukup, teknik yang digunakan di penilaian kompetensi pengetahuan yaitu tes lisan, tes tulis, dan tes penugasan dalam kategori cukup, dan teknik pelaksanaan penialain kompetensi ketrampilan menggunakan teknik kinerja, portofolio, dan proyekmasuk kedalam ketegori cukup. Pelaksanaan kecukupan penilaian kurikulum 2013 terdapat faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat guru. Seperti, sekolah telah menyedikan fasilitas pembelajaran berupa buku pedoman guru dan buku siswa dan yang menghambat guru yaitu keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dalam pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Kecukupan Penilaian |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:16 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:16 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/441 |
Actions (login required)
View Item |