ANALISIS STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI TERHADAP STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SDN GAPLOKAN

Fitriani, Nur (2021) ANALISIS STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI TERHADAP STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SDN GAPLOKAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fitriani, Nur. 2021. Analisis Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan pada Masa Pandemi terhadap Standar Nasional Pendidikan di SDN Gaplokan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Moh.Saiful Fatwa, M.Pd. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian di SDN Gaplokan pada masa pandemi Covid-19, serta analisisnya terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini dikaji karena peneliti tertarik untuk mengetahui pemenuhan Standar Proses dan Standar Penilaian pada masa pandemi Covid-19 terhadap Standar Nasional Pendidikan, karena dalam pelaksanaan pendidikan terjadi perubahan sistem pembelajaran dalam keadaan darurat untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Gaplokan pada masa pandemi Covid-19. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas SDN Gaplokan, sedangkan objek yang dikaji adalah pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian pada masa pandemi di SDN Gaplokan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, penguji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Standar Proses di SDN Gaplokan pada masa pandemi Covid-19 dapat memenuhi ketentuan pelaksanaan Standar Proses pada Standar Nasinal Pendidikan yang tertera dalam Permendikbud No 22 tahun 2016. Pelaksanaan Standar Penilaian mulai dari sistematika, prosedur, dan instrumen yang digunakan juga sesuai dengan Permendikbud No 23 tahun 2016. Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan dapat terpenuhi dengan menerapkan inovasi baru dalam pelaksanaan sistem pembelajaran, seperti pembelajaran daring yang diinovasi dengan pembelajaran home visit dan tatap muka (tapka) terbatas. Kata kunci: standar proses, standar penilaian, standar nasional pendidikan, pandemi, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: standar proses, standar penilaian, standar nasional pendidikan, pandemi, sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:02
Last Modified: 27 Aug 2023 14:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item