Millah, Muslihatul (2021) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI MI ASH-SHOLATIYYAH KELAS V TAHUN AJAR 2020/2021. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (556kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (552kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Millah, Muslihatul. 2021. Strategi Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Berbasis Daring Pada Masa Pandemi di MI Ash-Sholatiyyah Kelas V Tahun Ajar 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi guru dan orang tua dalam pembelajaran berbasis daring di MI Ash-Sholatiyyah Lasem kelas V tahun ajaran 2020/2021. Strategi komunikasi diperlukan sebagai perencanaan mendasar dalam membantu siswa dalam memahami materi pada pembelajaran berbasis daring selama masa penyesuaian masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas V MI AshSholatiyyah dan para orang tua, serta objeknya adalah strategi komunikasi pada pembelajaran berbasis daring di masa pandemi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi guru dalam pembelajaran daring, yaitu: 1) mengenal komunikan, 2) menyusun pesan, 3) menetapkan metode, 4) menggunakan media, berjalan cukup baik di kelas V, baik kelas VA maupun VB di MI Ash-Sholatiyyah. Namun selama pembelajaran daring kebutuhan kognitif anak lebih diutamakan dibanding afektif dan psikomotorik anak dikarenakan keterbatasan pembelajaran daring itu sendiri. Selain itu materi yang disampaikan kepada peserta didik lebih dipadatkan dan lebih disederhanakan capaian-capaiannya. Sedangkan strategi komunikasi orang tua dalam pembelajaran daring, yaitu 1) Mengenal karakteristik anak, 2) menyususn pesan, 3) menetapkan metode, 4) hubungan komunikator dengan komunikan, berjalan cukup baik. Pesan yang dimaksud dikerucutkan pada pembentukan karakter yang diintegrasikan dengan kegiatan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan afektif mereka yang kurang terpenuhi dari pembelajaran daring dari sekolahan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Guru, Strategi Komunikasi Orang Tua, Pembelajaran Daring.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Guru, Strategi Komunikasi Orang Tua, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 11:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 11:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/320 |
Actions (login required)
View Item |