MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ALAM PLANET NUFO MLAGEN PADA MASA PANDEMI

Afifuddin, Muhammad (2021) MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ALAM PLANET NUFO MLAGEN PADA MASA PANDEMI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
8-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9-RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Afifuddin, Muhammad. 2020. Manajemen dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Planet NUFO Mlagen Pada Masa Pandemi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Rendahnya karakter anak bangsa mengakibatkan banyaknya kasus kenakalan peserta didik di bangku sekolah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penanaman nilai-nilai karakter bangsa belum optimal. Proses pengimplementasian nilai-nilai karakter tersebut ditentukan berdasarkan manajemen suatu sekolah. Manajemen sekolah menjadi tolok-ukur efektivitas dan efisiensi daripada implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan di Sekolah Alam Planet NUFO Mlagen pada masa pandemi dan mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di Sekolah Alam Planet NUFO Mlagen pada masa pandemi. Jenis penelitian adalah Field Research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik keabsahan data menggunakan dua dari empat kriteria yang disebutkan Moleong yani kepercayaan (Credibility) dan kebergantungan (Dependability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah di SD Planet NUFO Mlagen mencakup: manajemen kurikulum, kepala sekolah, pendidik, peserta didik, pembelajaran, dan evaluasi. Perencanaan manajemen tersebut dilakukan setiap awal tahun pelajaran baru. Pelaksanaannya selama 1 tahun ke depan. Evaluasi dilakukan setiap satu tahun sekali berdasarkam pelaksanaan 1 tahun berjalan. Selama pandemi Covid-19, tidak mengalami perubahan manajemen kecuali pada manajemen pembelajaran. Begitupun pada implementasi pendidikan karakter juga melalui tiga tahapan sebagimana manajemen pendidikannya. Implementasi pendidikan karakter di SD Planet NUFO diintegrasikan ke dalam proses belajar-mengajar, ekstrakulikuler dan semua kegiatan sehari hari peserta didik di lingkungan pesantren. Selain itu didukung dengan keteladanan, penciptaan kultur lingkungan dan pembiasaan Adapun nilai-nilai karakter yang paling ditekankan di SD Planet NUFO dari 18 nilai karakter bangsa yaitu: jujur, disiplin, kreatif dan tanggung jawab. Kata Kunci: Manajemen, Implementasi, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Implementasi, Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2023 11:52
Last Modified: 23 Aug 2023 11:52
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item