Wahyuningsih, Ika (2021) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES MENURUT HOWARD GARDNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP MODEL PENILAIAN SISWA PADA KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (675kB) |
|
Text
8-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Wahyuningsih, Ika. 2021. Konsep Multiple Intelligences Menurut Howard Gardner dan Relevansinya Terhadap Model Penilaian Siswa Pada Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pemahaman masyarakat tentang diskursus makna kecerdasan yang identik dengan kemampuan kognisi seseorang. Alat ukur kecerdasan yang sering digunakan berupa tes IQ (Intellegences Quotient). Pada tahun 1970-an banyak ahli psikolog dunia yang berpendapat bahwa tes IQ tidak valid, diantaranya ialah Howard Gardner penggagas konsep kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences). Konsep ini cukup menyita perhatian dunia sebab memberikan penawaran perombakan terhadap sistem penilaian sebagai output proses pembelajaran. Sistem penilaian pendidikan Indonesia berbasis Kurikulum 2013. Secara praktis, masih menuai keluhan dan masalah di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan relevansi konsep Multiple Intelligences terhadap model penilaian Kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah library research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Howard Gardner menemukan sembilan jenis kecerdasan dengan menerapkan prinsip penilaian meliputi: penekanan pada penilaian “bukan pengujian”, penilaian yang sederhana dan alami, validitas ekologis, instrumen yang “fair-kecerdasan”, penggunaan ukuran majemuk, kepekaan pada perbedaan individu, materi yang menarik, dan penilaian yang bermanfaat; 2) relevansi konsep Multiple Intelligences terhadap model penilaian Kurikulum 2013 tercermin dari sistem pendekatan saintifik, prinsip penilaian, ruang lingkup penilaian (afektif, kognitif dan psikomotorik) dan penilaian autentik. Kata kunci : Multiple Intelligences, Howard Gardner, Penilaian Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligences, Howard Gardner, Penilaian Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 09:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 09:00 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
View Item |