KORELASI KEMAMPUAN PEMBACAAN AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK DI TPQ MIFTAHUL ULUM PEGANDEN MANYAR GRESIK

Nabilah, Himmatun (2020) KORELASI KEMAMPUAN PEMBACAAN AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK DI TPQ MIFTAHUL ULUM PEGANDEN MANYAR GRESIK. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
COVER.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi pembacaan al-Qur’an terhadap kecerdasan kognitif anak di TPQ Miftahul Ulum Peganden Manyar Gresik. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba mengkorelasikan kemampuan pembacaan al-Qur’an terhadap kecerdasan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif-asosiatif dengan mengambil populasi dari TPQ Miftahul Ulum Peganden Manyar Gresik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yakni sampel Proportioned Stratified Random Sampling (strata proporsional) yang berjumlah 46. Data dalam penelitian ini, didapatkan melalui tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data hasil tes lisan dan dokumentasi (rapor) dianalisis menggunakan bantuan program komputer SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian dan analisa data melalui analisis korelasi melalui program SPSS 23.0 for windows. Pertama, kelas gharib diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,032 lebih kecil dari nilai Pearson Correlation 0,493. Berdasarkan uji statistik terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut menunjukkan keeratan sedang. Kedua, kelas tajwid diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,006 lebih kecil dari nilai Pearson Correlation 0,669. Berdasarkan uji statistik terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut menunjukkan keeratan kuat. Ketiga, kelas finishing diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,032 lebih kecil dari nilai Pearson Correlation 0,619. Berdasarkan uji statistik terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut menunjukkan keeratan kuat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari korelasi kedua variabel, berdasarkan uji statistik terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut menunjukkan keeratan antara kemampuan pembacaan al-Qur’an dengan kecerdasan kognitif anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pembacaan al-Qur’an, Kecerdasan Kognitif Anak
Subjects: Al-Qur’an dan Tafsir > Unspecified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 18 Aug 2023 10:43
Last Modified: 18 Aug 2023 10:43
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item