KORELASI BUDAYA SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS IV MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020

Rochmatun, Nisa (2020) KORELASI BUDAYA SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS IV MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nisa, Rochmatun. 2020. Korelasi Budaya Sekolah dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas IV MI An-Nashriyah Lasem Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Moh. Saiful Fatwa, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kelas IV MI yang rata-rata perkembangan karakter religius dan disiplin yang kurang, karena mereka masih terbawa dengan sikap kekanakan ketika maasih di kelas III. Korelasi budaya sekolah yang positif dengan pembelajaran akidah akhlak dapat membantu siswa untuk mengembangkan karakter religius dan disiplin. Tujuanannya adalah untuk membuktikan apakah budaya sekolah dengan pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan karakter religius dan disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI AnNashriyah Lasem sebanyak 119. Sampel yang diambil dengan teknik sample random sampling, yaitu sebanyak 58 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar angket dengan pertanyaan sebanyak 20 butir yang di ujikan pada 26 siswa. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara budaya sekolah dengan pembelajaran akidah akhlak terhadap perkembangan karakter religius dan disiplin siswa kelas IV MI An-Nashriyah yaitu sebesar 62%. Kata Kunci : Budaya Sekolah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perkembangan Karakter, Siswa Kelas IV

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perkembangan Karakter, Siswa Kelas IV
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:46
Last Modified: 14 Aug 2023 05:46
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item