Habibah, Nur (2020) HUBUNGAN ANTARA BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS II MI AN NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Habibah, Nur. 2020. Hubungan Antara Budaya Sekolah Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadith Siswa Kelas II MI An Nashriyah Lasem Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc. M.Pd.I Penelitian dalam skripsi ini dilaksanakan berdasarkan fakta pada kelas II MI An Nashriyah Lasem Rembang yaitu budaya sekolah pembacaan juz amma yang dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai setiap hari. Kegiatan tersebut di jenjang kelas berbeda dengan pembacaan surat yang telah ditentukan berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara budaya sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadith siswa kelas II Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan desain korelasi Spearman. Adapun populasi penelitian adalah kelas II MI An Nashriyah Lasem Tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 70 siswa. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability sampling jenis Cluster sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitiann menunjukkan bahwa adanya hubungan antara budaya sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas II dengan perolehan taraf signifikan (0.455 > 0.05). Rata-rata nilai tes tulis 75 yang diperoleh sebanyak 44 siswa dari 74 siswa, sehingga besarnya hubungan antara budaya sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis 75% dalam kategori kuat. Saran yang dapat diberikan pada pembelajaran Al Qur’an Hadith yaitu agar mempertahankan dan meningkatkan kualitas budaya sekolah dengan baik dan mengolah budaya sekolah tersebut menjadi ciri khas yang dimiliki sekolah. Kata-kata kunci : Budaya Sekolah, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Al - Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Sekolah, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Al - Qur’an Hadis |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 03:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 03:42 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/182 |
Actions (login required)
View Item |