fauziah, zizi (2024) HAMBATAN GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 6 BENER MERIAH ACEH. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (147kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kompleksitas kurikulum merdeka memberikan tantangan bagi setiap sekolah dalam implementasinya. Hal ini yang kemudian membuat guru-guru di sekolah yang baru tahun pertama mengimplementasikan kurikulum merdeka kerap kali menemui hambatan, khususnya dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dalam menyusun perangkat pembelajaran dan upaya yang dilakukan guru di MIN 6 Bener Meriah Aceh untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kemu`dian Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman guru terkait komponen dan isi dalam perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka dan keterbatasannya referensi dan belum adanya akses pada platform Merdeka Belajar. Serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dialami adalah dengan mengikuti pelatihan atau workshop yang diadakan pemerintah, dan pembentukan Kelompok Kerja Guru Atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran untuk menambah wawasan guru terkait kebijakan Kurikulum Merdeka. Selain itu sebagai evaluasi dan refleksi bagi para guru. Saran pada penelitian ini adalah agar kepala sekolah lebih membimbing dan memberikan arahan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kurikulum Merdeka. Dengan adanya supervisi ini, guru bisa mendapat masukan dan bantuan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | fauziah fz zizi |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:10 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:10 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1588 |
Actions (login required)
View Item |