PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2018/2019

Isnaini, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AN-NASHRIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf - Submitted Version

Download (469kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[img] Text
pdf lembar pengesahan Eny.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
scan ttd.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Isnaini, Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPA Di MI An-Nashriyah Lasem Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Moh. Saiful Fatwa, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkam fenomena pada kelas III MI An�Nashriyah Lasem, yaitu rata-rata restasi belajar siswa mendapatkan nilai yang rendah pada mata pelajaran IPA dan strategi belajar yang digunakan kurang efektif. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru, kemudian mencatatnya, sehingga pembelajaran menjadi monoton. Akibatnya, siswa menjadi bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Maka, dibutuhkannya metode yang menarik semangat belajar siswa yaitu model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penggunaan model pembelajaran ini dapat membantu siswa berpikir secara langsung, kritis, berkelompok, berdiskusi, dan bekerjasama menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian siswa kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA dengan perolehan taraf signifikansi (0,317 > 0,05). Hasil rata�rata kelas eksperimen 75,40, sedangkan kelas kontrol 72,05. Saran yang dapat diberikan pada pembelajaran IPA hendaknya guru dapat menerapkan dan mengembangkan lebih lanjut metode atau model pembelajaran yang menarik semangat belajar siswa sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran yang efektif untuk siswa. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPA, Karakteristik Siswa Kelas III SD/MI

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPA, Karakteristik Siswa Kelas III SD/MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:28
Last Modified: 10 Aug 2023 18:27
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item