Regita, Dwi Yogi (2024) INOVASI KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN GLOBAL PADA MAPEL P5 SISWA KELAS IV DI MI NU THORIQOTUS SA’DIYAH KUDUS. Regita Dwi Yogi Prihatini, STAI AL-ANWAR SARANG.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (173kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (118kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan global merupakan kemampuan yang perlu dimiliki dalam menghadapi arus globalisasi. Penanaman kemampuan global harus dilakukan sedini mungkin karena berisi aspek-aspek penunjang yang berupa nilai, sikap, keterampilan dan pengetahuan. Aspek-aspek tersebut terbagi dalam dimensi kemampuan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran projek profil inovasi kearifan lokal dalam membentuk kemampuan global pada mapel P5 siswa kelas IV di MI NU Thoriqotus Sa’diyah Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu Guru Kelas IV dan siswa kelas IV, sedangkan objek penelitiannya yaitu kemampuan global siswa kelas IV MI NU Thoriqotus Sa’diyah Kudus yang mencakup empat dimensi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, pembelajaran inovasi kearifan lokal pada mata pelajaran P5 siswa kelas IV MI NU Thoriqotus Sa’diyah Kudus memuat beberapa aspek yang ada dalam kemampuan global, yaitu aspek nilai, sikap, dan pengetahuan. Setiap aspek tidak terdapat dalam keseluruhan aktivitas pembelajaran projek, akan tetapi beberapa aktivitas pembelajaran projek dapat menggambarkan satu aspek kemampuan global. Selain itu, aktivitas projek inovasi kearifan lokal merupakan gambaran karakteristik kearifan lokal daerah, yang memuat aktivitas seperti pengenalan tentang potensi yang ada di lingkungan sekitar, penyediaan sarana dan prasarana yang dapat membantu siswa agar dapat belajar dengan pengalaman yang baru, serta menanamkan nilai-nilai seperti kebersamaan dan kepedulian dengan alam, yang dapat membentuk kemampuan global dalam diri siswa secara tidak langsung. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Kemampuan Global, Mapel P5
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Regita Regita Dwi Yogi Prihatini Dwi Yogi |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:03 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:03 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1401 |
Actions (login required)
View Item |