Lutfaqistina, Alfy (2024) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKADI SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, STAI Al- Anwar Sarang Rembang.
Text
COVER (2).pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB II (8).pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
BAB IV-V.pdf Download (381kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text
CURICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
Abstract
Lutfa, Alfy Qistina. 2024. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru Belajar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang serta mengetahui kendala yang ditemukan dan solusi yang diupayakan kepala SD Islam Umar Harun dalam mengembangkan profesionalitas guru belajar di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini dari kepala SD Islam Umar Harun, kepala bidang kurikulum, ketua KGBN, dan guru belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala SD Islam Umar Harun menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dalam mengembangkan profesionalitas guru belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Kepala sekolah bersama jajaran pimpinan lain berjejaring dengan kegiatan eksternal KGBN dengan kegiatan Temu Pendidik Nusantara, Temu Pendidik Live, dan Temu Pendidik Daerah. Hambatan kepala SD Islam Umar Harun dalam mengembangkan profesionalitas guru belajar dan menjaga komitmen guru untuk aktif berpartisipasi dalam program guru belajar. Banyaknya guru yang memiliki berbagai kesibukan di luar sekolah menjadikan guru hanya semangat di awal program. Upaya solutif kepala SD Islam Umar Harun adalah berusaha menjadi pemimpin yang menjadi teladan bagi guru dengan mengikuti kegiatan dan pelatihan terkait pendidikan serta memantau hasil perkembangan belajar guru dengan konsisten sebagai bahan tindak lanjut hambatan yang ada. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru Belajar, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Alfy Qistina Alfy Qistina |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:04 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1396 |
Actions (login required)
View Item |