ANALISIS KEGIATAN P5 DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS I DAN IV DI SD ISLAM ANNAWAWIYYAH REMBANG

Indriyani, Safitri (2024) ANALISIS KEGIATAN P5 DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS I DAN IV DI SD ISLAM ANNAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (776kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (980kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (756kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan P5 dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila kelas I A-B dan IV A-B di SDI AnNawawiyyah Rembang. Berawal dari ditetapkannya kegiatan P5 pada kurikulum merdeka maka dari itu banyak aspek yang harus dipelajari dan diketahui oleh guru kelas I dan IV, sehingga kegiatan P5 mampu terrealisasikan dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan studi lapangan, data diperoleh melalui wawancara terstruktur, obervasi dan analisis dokumen. Data temuan penelitian dianalis sesuai dengan asas keputusan Kemendikbudristek No. 56 Tahun 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah dalam rangka mengoptimalkan realisasi kegiatan P5 di kelas I A,B dan kelas IV A,B dimulai dari upaya yang disepakati oleh pendidik meliputi perencanaan, pengelolaan dan pengolahan asesmen, pelaporan hasil, evaluasi serta tindak lanjut. Adapun penerapan kegiatan secara umum adalah pembentukan tim fasilitator kegiatan P5, pembagian tanggung jawab dan peran fasilitator, tugas koordinator, fasilitator kegiatan P5, merancang tema dan dimensi, alokasi waktu kegiatan P5, menyusun modul kegiatan P5. Faktor penghambat dalam penerapan P5 adalah perilaku peserta didik yang berbeda-beda serta kurangnya guru pendamping dalam proses-proses yang dilaksanakan. Dengan demikian pemaparan ini dapat memberikan kontribusi, bagi para staf sekolah untuk merasakan pengalaman baru dalam mendampingi dan membimbing peserta didik, sehingga mereka dapat berkembang dan memperkaya kompetensinya guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan kolaboratif yang berdampak positif bagi seluruh komunitas sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: safitri indri yani
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:58
Last Modified: 26 Aug 2024 02:58
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item