Hanifatin, Nur Bukhroh (2019) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB "TANBĪHUL MUTA'ALLIM" DAN IMPLIKASINYA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURSYAMIYAH JATIMULYO PLUMPANG TUBAN TAHUN AJAR 2018/2019. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (500kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
Bagian Awal.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (493kB) |
|
Text
Lampiran I.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hanifatin, Nur Bukroh. 2019. Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab "Tanbīhul Muta'allim" dan Implikasinya dalam Perkembangan Psikologi Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nursyamiyah Jatimulyo Plumpang Tuban Tahun Ajar 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad jamil, Lc., M. Pd.I. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan konsep pendidikan karakter yang ada dalam kitab "Tanbīhul Muta'allim" yang ingin penulis implikasikan dengan perkembangan psikologi siswa di MI Nursyamiyah Jatimulyo Plumpang Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab "Tanbīhul Muta'allim" dan implikasinya dalam perkembangan psikologi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nursyamiyah Jatimulyo Plumpang Tuban tahun ajar 2018/2019. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru madrasah ibtidaiyah), dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, memfokuskan pada hal-hal yang penting, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter yang ada dalam kitab Tanbīhul Muta'allim memiliki implikasi atau keterkaitan yang erat dengan perkembangan psikologi siswa di MI Nursyamiyah yaitu dapat ditemukan sebuah fakta bahwa siswa di Madrasah Nursyamiyah yang lingkungan belajar dan proses belajarnya sudah baik dan sesuai dengan konsep pendidikan yang ada dalam kitab Tanbīhul Muta’allim memiliki perkembangan psikologi siswa pada aspek sikap dan perilakunya yang semakin baik. Kata Kunci: Konsep pendidikan karakter, Kitab Tanbīhul Muta'allim, dan Perkembangan psikologi siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep pendidikan karakter, Kitab Tanbīhul Muta'allim, dan Perkembangan psikologi siswa. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:29 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |