PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATERI VOLUME BALOK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM REMBANG

Salamah, Noprastiyaning Ismu (2019) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATERI VOLUME BALOK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM REMBANG. skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (23kB)
[img] Text
2. Bagian Awal.pdf - Submitted Version

Download (686kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version

Download (139kB)
[img] Text
9. CV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
10. Bagian Akhir (Lampiran).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salamah, Noprastiyaning Ismu. 2019. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Materi Volume Balok Siswa Kelas V MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilaksanakan berdasarkan fakta pada kelas V MI An�Nashriyah Lasem Rembang yaitu kemampuan pemahaman konsep soal cerita matematika siswa rendah. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam belajar kurang efektif. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru. Siswa dalam mengerjakan soal cerita kurang memahami dan masih kebingungan dalam pengerjaannya. Maka diperlukan sebuah kreatifitas guru dalam mengembangkan, merancang maupun menggunkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep soal cerita, yaitu metode problem solving. Metode ini dapat membuat siswa berfikir secara langsung, kritis, berdiskusi, berkelompok, berkerja sama menyelesaikan suatu masalah yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep soal cerita pada pembelajaran matematika materi volume balok siswa kelas V. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem Rembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode problem solving dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep soal cerita pada pembelajaran matematika siswa kelas V dengan perolehan taraf signifikansi (0.000 < 0.05). Rata-rata kelas eksperimen 81,54 sedangkan kelas kontrol 52,80 sehingga besarnya pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep soal cerita 54% dalam kategori sedang. Saran yang dapat diberikan pada pembelajaran matematika hendaknya guru dapat menerapkan lebih lanjut metode problem solving sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa. Kata-kata kunci : problem solving, kemampuan pemahaman konsep soal cerita, volume balok, kelas V.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem solving, kemampuan pemahaman konsep soal cerita, volume balok, kelas V.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:27
Last Modified: 10 Aug 2023 18:29
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item