KOMPETENSI SOSIAL DAN KEPRIBADIAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV DI MIN 1 TUBAN

Rijalani, Muhammad Akbar (2024) KOMPETENSI SOSIAL DAN KEPRIBADIAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV DI MIN 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial dan kepribadian guru pada pelaksanaan pembelajaran Pancasila dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas IV di MIN 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda, yaitu guru kelas dan siswa.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, analisis data, dan kesimpulan serta verifkasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial dan kepribadian yang dimiliki oleh guru sangat baik. Hal tersebut sesuai dengan komponen kompetensi sosial dan kepribadian guru yaitu bersikap dan bertindak objektif, beradaptasi dengan lingkungan, berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dalam berkomunikasi, memiliki kepribadian yang mantab dan stabil, memiliki kepribadian yang dewasa, memiliki kepribadian yang arif, berwibawa, dan memiliki akhlak yang mulia. Penanaman karakter tanggung jawab dilakukan melalui pembelajaran Pancasila yang melibatkan penanaman kompetensi sosial dan kepribadia guru yang melibatkan diskusi dan presentasi di kelas IV A. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pancasila tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan rasa tanggung jawab yang kuat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Muhammad Akbar Rijalani
Date Deposited: 24 Aug 2024 06:50
Last Modified: 24 Aug 2024 06:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item