selvi, yustika (2024) STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM PRAKTIK WUDU SISWA KELAS V TUNAGRAHITA SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (717kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Yustika, Selvi. 2024. Strategi Guru Pada Pembelajaran PAI Dalam Praktik Wudu Siswa Kelas V Tunagrahita SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al- Anwar Sarang. Pembimbing: Sokhibun Ni`am, M.Pd. Materi wudu pada pembelajaran PAI perlu diajarkan kepada siswa khususnya siswa tunagrahita agar dapat meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan keterbatasan yang dimiliki anak tunagrahita menjadikan guru untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru yang digunakan pada pembelajaran PAI dalam praktik wudu siswa kelas V tunagrahita SLB Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru PAI, guru kelas dan siswa kelas V tunagrahita SLB Negeri Semarang. Objek pada penelitian ini adalah strategi guru pada pembelajaran PAI dalam praktik wudu di SLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, strategi guru pada pembelajaran PAI dalam praktik wudu menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran individu dengan menjelaskan materi satu persatu. Hal ini dilakukan agar dapat menunjang anak dalam memahami materi. Kedua, kendala yang dialami guru ialah keterbatasan anak dalam memahami materi sehingga guru perlu mengulangi materi dilain waktu. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran PAI, Tunagrahita, Praktik Wudu
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Depositing User: | Syarifah syarifah yanti |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 01:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 01:26 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1186 |
Actions (login required)
View Item |