lailatul, fitriyah (2024) ANALISIS PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) SEBAGAI STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS I MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (543kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (460kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (587kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fitriyah, Lailatul. 2024. Analisis Pemberian Penguatan (Reinforcement) Sebagai Strategi Guru Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas I MI An-Nashriyyah Lasem. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Dosen Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Penguatan merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap pendidik dan memberi pengaruh pada semangat belajar siswa. Namun, tidak semua guru selalu menerapkan selama proses pembelajaran, terkhusus dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memberikan penguatan yang telah diterapkan guru dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas I di MI An-Nashriyah Lasem. Batasan dalam penelitian ini adalah dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik. Kemudian Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan (conclusing: drawing/verifying). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk penguatan (reinforcement) yang digunakan guru pada pembelajaran akidah akhlak adalah penguatan verbal dan nonverbal. Adapun bentuk penguatan verbal yaitu dengan kata dan kalimat dan penguatan nonverbal yaitu dalam bentuk Bahasa isyarat berupa mimik dan gerakan badan, gerak mendekati, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, pemberian simbol atau benda. Penguatan tersebut diterapkan selama proses pembelajaran serta ketika evaluasi di akhir pembelajaran pada materi yang memiliki keterkaitan dengan sub elemen dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Guru menerapkan dua model penguatan yaitu penguatan seluruh kelompok dengan variasi penggunaan dan penguatan perorangan dengan variasi penggunaan. 2) Kendala yang dialami guru dalam memberikan penguatan selama proses pembelajaran yaitu ketika anak sulit menerima arahan dan masih terbawa akan kebiasaan di sekolah sebelumnya. Kata Kunci: Pemberian Penguatan (Reinforcement), Pembelajaran Akidah Akhlak, Profil Pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | lailatul fitriyah lailatul fitriyah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:27 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:27 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1163 |
Actions (login required)
View Item |