Jauharotun, Nafisah (2024) PERAN DAN TANTANGAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV A MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (774kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (619kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (473kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nafisah, Jauharotun. 2024. Peran dan Tantangan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Project-Based Learning Mata Pelajaran IPAS Kelas IV A MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Skripsi program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al�Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Pada pelaksanaan pembelajaran project-based learning guru perlu mempunyai peran yang baik supaya pembelajaran dapat memenuhi tujuan yang akan dicapai. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut guru juga mempunyai tantangan yang dihadapi dan guru harus mempunyai tekad untuk menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan tantangan guru dalam pelaksanaan pembelajaran project-based learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV A MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran project-based learning adalah sebagai pendidik, pengajar, pengelola, sumber belajar, pembimbing, penasehat, fasilitator, motivator, dan evaluator. Maka, guru berperan mengarahkan siswa, menyampaikan materi, mengembangkan keterampilan siswa, mengelola waktu pembelajaran dengan baik, membantu siswa yang mengalami kesulitan dan memberikan semangat serta mengevaluasi hasil belajar siswa. Namun, untuk menjalankan perannya guru juga mempunyai berbagai tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran project-based learning yaitu guru harus menyiapkan waktu yang banyak dan sesuai dengan pembelajaran supaya dapat berjalan dengan sesuai rencana, ketika membuat project guru harus menyesuaikan dengan kemampuan siswa, alat dan bahan yang disediakan sekolah kurang memadai. Selain itu, guru juga harus mampu menguasai kelas dengan siswa yang cukup banyak. Kata Kunci: Peran dan Tantangan Guru, Pembelajaran project-based learning, Mata Pelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta |
Depositing User: | Jauharotun Nafisah |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1156 |
Actions (login required)
View Item |