Rahayu, Nur Amalia Puji (2024) ANALISIS PEMAHAMAN GURU TENTANG KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCE PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (520kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (439kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (565kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rahayu, Nur Amalia Puji. 2024. Analisis Pemahaman Guru tentang Konsep Multiple Intelligence Pesera Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI An Nashriyah Lasem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd Konsep Multiple Intelligence merupakan teori yang diusulkan oleh Howard Gardner yang menjabarkan bahwa setiap manusia memiliki keberagaman kecerdasan yang berbeda-beda dan keberagaman kecerdasan tersebut berhak mendapatkan apresiasi yang sama di mata para pendidik. Di MI An Nashriyah Lasem ditemukan keberagaman kecerdasan yang dimiliki peserta didik yang tertera pada konsep Multiple Intelligence. Namun dibalik keberagaman kecerdasan yang dimiliki peserta didik MI An Nashriyah, guru seringkali mengajar dengan pendekatan rasional dengan logika-matematika dan menjelaskan materi dengan model ceramah atau bercerita yang tentunya hal tersebut hanya menguntungkan bagi sebagian peserta didik lain. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pemahaman guru kelas IV MI An Nashriyah Lasem tentang konsep Multiple Intelligence dan penerapan konsep Multiple Intelligence pada pembelajaran IPAS dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan Guru kelas IV yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV MI An Nashriyah Lasem sudah mampu menerapkan konsep Multiple Intelligence dengan baik di dalam kelas dengan mampu menghargai keberagaman kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Selain itu konsep Multiple Intelligence pada pembelajaran IPAS kelas IV dalam implementasi Kurikulum Merdeka juga sudah diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta mengaitkannya dengan kehidupan sosial. Kata Kunci: Pemahaman Guru, Konsep Multiple Intelligence, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Anjelina alqaut syari'ah |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 06:57 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1143 |
Actions (login required)
View Item |