Nurul, Inayah (2024) ANALISIS PROGRAM KHUSUS BINA DIRI DALAM MELATIH KEMAMPUAN TAHARAH SISWA TUNAGRAHITA KELAS 3.1 DI SDLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, Stai Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (501kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (649kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPURAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Inayah, Nurul. 2024. Analisis Program Khusus Bina Diri dalam Melatih Kemampuan Taharah Siswa Tunagrahita Kelas 3.1 di SDLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Program khusus bina diri merupakan suatu program pembinaan yang diadakan oleh SDLB Negeri Semarang khusus untuk siswa tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan program khusus bina diri dalam melatih kemampuan taharah siswa, hambatan dan tantangan yang dialami guru ketika kegiatan bina diri serta solusi untuk mengatasi hambatan dan tantangan tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama adalah guru kelas dan siswa. Subjek pendukung adalah orang tua, serta objeknya yaitu program khusus bina diri dan kemampuan taharah siswa. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program khusus bina diri mampu melatih kemampuan taharah siswa namun hal tersebut harus dengan kerja sama sama antara guru dan orangtua. Hambatan dan tantangan yang dialami oleh guru yaitu ketidakfokusan siswa dalam kegiatan sehingga siswa sering lupa tata cara istinja’. Solusi dari hambatan tersebut yaitu guru memberikan pengajaran secara berulang-ulang kepada siswa. Kata Kunci: Kemampuan Taharah, Program Khusus Bina Diri, Siswa Tunagrahita
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Anjelina alqaut syari'ah |
Date Deposited: | 29 Jun 2024 05:34 |
Last Modified: | 29 Jun 2024 05:34 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |