Riska, Latifatul Abror (2024) PROGRAM P5 DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DAN KREATIF SISWA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS IV DI MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (440kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abror, Riska Latifatul. 2024. Program P5 Dalam Membentuk Karakter Mandiri Dan Kreatif Siswa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IV Di MI An Nashriyah Lasem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al- Anwar Sarang. Pembimbing: Sokhibun Niam, M.Pd Penelitian ini didasarkan pada permasalahan terkait peserta didik yang kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah, seperti peserta didik yang masih mengerjakan tugas bergantung kepada temannya, serta kurang berani mengambil resiko dalam menghasilkan karya dan tindakan. Sehingga perlu adanya program P5 dan peran guru projek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program P5 dan peran guru dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif siswa kelas IV di MI An Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV. Objeknya adalah program P5, karakter mandiri dan kreatif siswa kelas IV di MI An Nashriyah Lasem. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program P5 dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif dalam implementasi P5 dapat membantu siswa dalam membentuk karakter mandiri siswa, seperti siswa mampu membuat projek dengan mandiri. Selain itu siswa mampu membentuk karakter kreatif siswa, seperti siswa mampu mengerjakan projek sesuai dengan kreatifnya sendiri. (2) peran guru dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif dengan menjalankan perannya sebagai pengajar, pembimbing, motivator, fasilitator, dan evaluator. Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berguna bagi masyarakat luas tentunya bagi pihak pendidikan seperti kepala sekolah dan guru terkait program P5 dan peran guru dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif siswa. Kata Kunci: Program P5, Peran Guru, Karakter Mandiri dan Kreatif
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Riska Latifatul Abror |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:19 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:19 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1126 |
Actions (login required)
View Item |