Fanny, Zubdatul (2024) RESPON GURU KELAS DAN KEPALA SEKOLAH PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (712kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (483kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang baru saja diluncurkan oleh kemendikbudristek. Hal ini memicu respons yang kurang baik di lingkungan masyarakat sekolah, bahwasannya terdapat sekolah yang belum siap akan adanya perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons guru kelas dan kepala sekolah pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam An-Nawawiyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek guru kelas dan kepala sekolah. Serta objeknya ialah pembelajaran pendidikan Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam An-Nawawiyyah. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Respons kepala sekolah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada mapel pendidikan Pancasila menyatakan bahwasannya Implementasi Kurikulum Merdeka memiliki kelebihan adanya platform mengajar, memberikan pengarahan lebih spesifik kepada guru terkait Implementasi Kurikulum Merdeka. Respons guru terhadap Impelementasi Kurikulum Merdeka pada mapel pendidikan Pancasila menyatakan bahwasanya guru siap dengan adanya perubahan dengan menjadi guru penggerak guru aktif dalam segala perubahan kurikulum serta apa yang menjadi ciri khasnya khususnya pada pendidikan Pancasila. Adanya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mewujudkan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Zubdatul Fanny |
Date Deposited: | 22 Jun 2024 06:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2024 06:09 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |