Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Pada Program Trend Language Dalam Mengembangkan Mutu Peserta Didik Di MI Hasanuddin Sidoarjo

maghfiroh, lailatul (2024) Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Pada Program Trend Language Dalam Mengembangkan Mutu Peserta Didik Di MI Hasanuddin Sidoarjo. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
6-BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah MI Hasanuddin Sidoarjo memiliki ciri-ciri gaya kepemimpinan yang sama dengan gaya kepemimpinan visioner dalam membawa perubahan lembaga pendidikan dengan memunculkan inovasi baru program unggulan, seperti halnya program trend language yang diminati banyak masyarakat. Program trend language yang diterapkan di MI Hasanuddin Sidoarjo merupakan program dengan pembiasaan bahasa Inggris yang diterapkan di kelas full day untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan visioner kepala madrasah sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih pada program trend language dalam mengembangkan mutu peserta didik baik dari proses dan output pendidikan di MI Hasanuddin Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yakni berasal dari kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru trend language di MI Hasanuddin Sidoarjo. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah MI Hasanuddin Sidoarjo menunjukkan sikap kepemimpinan visionernya sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih pada program trend language dalam mengembangkan mutu peserta didik baik dari proses dan output pendidikan. Adanya perubahan yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris peserta didik selama diterapkannya program trend language. Untuk komunikasi bahasa Inggris peserta didik pada kelas besar sudah mencapai 70%. Target pencapaian output peserta didik pada program trend language yaitu 80% aktif dalam berbahasa Inggris. Pengembangan mutu peserta didik terlihat dari output yang dihasilkan dari meningkatnya prestasi peserta didik. Prestasi yang diraih peserta didik dalam lomba bahasa Inggris yang telah diikutinya yaitu juara 1 English Speech, juara 1 Story Telling, juara 1 Pildacil bahasa Inggris, Juara 1 Puisi bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Lailatul Maghfiroh
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:23
Last Modified: 20 Jun 2024 04:23
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item