ULFIYA, NASIYA (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA SISWA KELAS IV MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (583kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB V.pdf Download (405kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah-sekolah tingkat dasar di Kabupaten Rembang khususnya Kecamatan Sedan yang pada umumnya mengelompokkan siswa secara acak. Sedangkan di MI Riyadlotut Thalabah memiliki cara tersendiri dalam mengelompokkan siswa yaitu dengan cara menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas 4 MI Riyadlotut Thalabah. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, korbid kurikulum, dan guru kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas 4 MI Riyadlotut Thalabah Sedan memiliki tiga tahapan yaitu 1) assesmen, dilaksanakan melalui UTS dan UAS pada kelas sebelumnya 2) persiapan proses pembelajaran, dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru dengan cara memberikan edukasi dan mempersiapkan sarana prasarana 3) proses pembelajaran, tahap ini antara kelas unggulan dan reguler dibuat dengan memiliki beberapa perbedaan baik Capaian Pembelajaran (CP), tingkat kesulitan, metode dan media pembelajaran. Adapun dampak implementasi pendekatan TaRL di MI Riyadlotut Thalabah yaitu mampu meningkatkan PPDB, mempermudah pemilihan delegasi lomba, mempermudah guru dalam mengajar, mempermudah siswa dalam memahami materi, mengharuskan guru memahami perkembangan belajar siswa, guru harus membagi siswa menjadi kelas ungggulan dan reguler, serta adanya kecemburuan siswa pada penggunaan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | IIN NASIYA ULFIYA |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:17 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:17 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1108 |
Actions (login required)
View Item |